Kamis, 29 Desember 2016

#UPERP8UAS03F

Salam ERP Lovers,

Berikut ini adalah beberpa laporan dan beberapa penjelasan dari penginstallan modul add ons serta kegunaanya:

1. Cara menginstall modul add ons
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03a.html

2. Panduan cara menggunakan modul add ons tersebut
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03b.html

3. Kegunaan masing masing modul add ons
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03c.html

4. Perbedaan sebelum dan setelah di install modul add ons tersebut
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03d.html

5. Database yang muncul ketika modul add ons di install
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03e.html

Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada link tersebut.
Sekian laporan dari saya,

Terima kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03E

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai database yang muncul ketika modul add ons restaurant di install, dalam hal ini tidak ada database yang muncul ketika modul tersebut di install, karena modul ini merupakan modul tambahan fungsi didalam menu point of sales, fungsi tersebut yaitu penambahan menu restaurant ke dalam menu POS tersebut, menu ini digunakan untuk penambahan fasilitas pencetak orderan atau printer, berikut tampilannya dalam odoo 8.0:



Sekian Review dari saya,

Terima Kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03A

Salam ERP Lovers,

Bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstall modul add-on dalam odoo 8.0.
Langkah langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Buka odoo 8.0 dalam komputer anda, dan login sesuai dengan database yang anda inginkan, tampilan awalnya sebagai berikut:




2 Masuk ke menu setting




3 Kemudian pada masuk pada menu local modul dan pada kolom search dicari add-ons apa yang ingin kita install, disini saya mengambil contoh modul add-ons restaurant delivery, tampilannya sebagai berikut



4 kemudian jika sudah ketemu modul add-ons yang ingin anda install, klik install pada modul add-ons tersebut.
Ada dua kemungkinan:
a. jika anda mengakses secara offline anda tidak perlu menginput id dan password saat anda menginstall modul tersebut.
b. Jika anda mengakses secara online anda akan diminta login terlebih dahulu. log in ini sesuai dengan dengan email yang digunakan untuk mendaftar pada saat pembuatan droplet.



5 Jika sudah di install maka bisa dicheck dengan mengulang lagi langkah ke 3, maka tampilan modul yang sebelumnya ada "install" berubah menjadi "installed". seperti gambar dibawah ini:



Sekian review saya mengenai cara menginstall modul add-ons pada odoo. maaf jika ada salah kata dalam penulisan.

Terima Kasih,

Salam Sangar,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03B

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk menggunakan modul add-ons yang sudah di install pada odoo 8.0

Cara peggunaannya adalah seperti berikut:

1 Buka odoo dan log in sesuai dengan database yang ingin dilengkapi terlebih dahulu.



2 Masuk ke menu yang sudah kita install, cari lokasinya.



3 disana ada pilihan untuk create atau import, jika anda ingin membuat data baru maka anda bisa memilih create atau import untuk memasukan data yang sudah ada. untuk saat ini saya akan membuat baru


4 Isi semua field yang ada dan jika sudah klik pada tombol save.




Sekian review dari saya,
jika terdapat salah dalam kata maupun penulisan saya mohon maaf,

Salam Sangar,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03C

Salam ERP Lovers,

Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai kegunaan masing masing modul add ons yang telah saya install.

modul yang saya install adalah modul restaurant dan deliver restaurant, kegunaan dari masing masing modul tersebut adalah:
1. Modul Restaurant
Modul ini menambahkan beberapa fungsi restaurant ke dalam menu point of sales.
-Bill Printing : memungkinkan anda menerima tanda terima sebelum order dibayar
-Bill Splitting : memungkinkan anda membagi order ke order yang lain, disini berarti memindahkan orderan ke dalam order lainnya.
-Kitchen Order Printing : memungkinkan anda untuk mencetak order terbaru ke dapur atau bar printer

2. Modul Restaurant delivery
Modul ini ditambahkan pada titik penjualan, yang nantinya dapat digunakan menjadi restaurant atau pengiriman.

Sekian Review dari saya,

Terima Kasih

Martinus Adhi Nugroho,
4415217059

#UPERP8UAS03D

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan sebelum dan sesudah di install modul add on, modul yang saya install adalah modul restaurant, dan ini menimbulkan perbedaan pada menu point of sales, penambahan menu ini ada pada saat bertransaksi di menu point of sales, jika digambarkan seperti berikut:

Berrikut ini adalah tampilan sebelum di installnya modul add on:


 Berikut ini adalah tampilan sesudah di installnya modul add on:


dari perbedaan diatas maka dapat dilihat adanya perbedaan yaitu bertambahnya menu bar dan restaurant pada menu point of sales, menu ini bisa juga digunakan untuk fasilitas printer dll.

Terima Kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS04

Salam ERP Lovers

Bertemu lagi dengan saya yang tidak bosan bosannya membagi entri seputar ERP tentunya, kali ini penulis mendapatkan tugas untuk UAS yaitu membahas mengenai transaksi seputar ERP didalam dunia nyata.

Untuk saat ini penulis mengambil salah satu contoh berupa sebuah bon seperti berikut:


Pada struk diata bisa diandaikan dengan invoicing yang diberikan pihak restorant kepada customer yang telah memesan makanan yang tentunya sudah menyantap makanan tersebut. Invoicing ini adalah menu yang ada pada accounting, kemudian jika diandaikan order yang ada pada struk tersebut bisa digambarkan dengan pesanan customer sesuai dengan produk yang mereka inginkan, menu ini kita dapatkan dalam menu sales.

Kemudian untuk field field yang ada pada struk tersebut dibagi menjadi 3 bagian:
1. Bagian KOP atau kepala
Pada bagian kop struk ini berisi mengenai informasi yang diberikan oleh toko berupa nama toko dan alamatnya. informasi yang ada pada kop tersebut adalah
-Nama toko
-Alamat toko
-Nomer Nota/ Invoice
-Tanggal Pembayaran
-Jam Pembayaran
-Nama Kasir yang melayani

2. Bagian isi atau pesanan
Bagian isi biasanya berupa informasi mengenai produk yang kita pesan lengkap beserta kuantitas dan harganya. untuk detail dari isinya adalah sebagai berikut:
-Harga pesanan yang diorder
-Jumlah pesanan yang diorder
-Nama produk yang dipesan
-Total dari seluruh pesanan yang harus dibayar

3. Bagian Penutup
Bagian penutup ini biasanya mengenai ucapan terima kasih yang diucapkan pemilik toko kepada pelanggan, dan tak lupa mengucapkan agar kembali lagi.

Sekian review yang dapat saya berikan.

Terima Kasih

Salam Sangar

Martinus Adhi Nugroho

4415217059