Kamis, 29 Desember 2016

#UPERP8UAS03F

Salam ERP Lovers,

Berikut ini adalah beberpa laporan dan beberapa penjelasan dari penginstallan modul add ons serta kegunaanya:

1. Cara menginstall modul add ons
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03a.html

2. Panduan cara menggunakan modul add ons tersebut
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03b.html

3. Kegunaan masing masing modul add ons
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03c.html

4. Perbedaan sebelum dan setelah di install modul add ons tersebut
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03d.html

5. Database yang muncul ketika modul add ons di install
http://kakaroto-uperp8.blogspot.co.id/2016/12/uperp8uas03e.html

Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada link tersebut.
Sekian laporan dari saya,

Terima kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03E

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai database yang muncul ketika modul add ons restaurant di install, dalam hal ini tidak ada database yang muncul ketika modul tersebut di install, karena modul ini merupakan modul tambahan fungsi didalam menu point of sales, fungsi tersebut yaitu penambahan menu restaurant ke dalam menu POS tersebut, menu ini digunakan untuk penambahan fasilitas pencetak orderan atau printer, berikut tampilannya dalam odoo 8.0:



Sekian Review dari saya,

Terima Kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03A

Salam ERP Lovers,

Bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstall modul add-on dalam odoo 8.0.
Langkah langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Buka odoo 8.0 dalam komputer anda, dan login sesuai dengan database yang anda inginkan, tampilan awalnya sebagai berikut:




2 Masuk ke menu setting




3 Kemudian pada masuk pada menu local modul dan pada kolom search dicari add-ons apa yang ingin kita install, disini saya mengambil contoh modul add-ons restaurant delivery, tampilannya sebagai berikut



4 kemudian jika sudah ketemu modul add-ons yang ingin anda install, klik install pada modul add-ons tersebut.
Ada dua kemungkinan:
a. jika anda mengakses secara offline anda tidak perlu menginput id dan password saat anda menginstall modul tersebut.
b. Jika anda mengakses secara online anda akan diminta login terlebih dahulu. log in ini sesuai dengan dengan email yang digunakan untuk mendaftar pada saat pembuatan droplet.



5 Jika sudah di install maka bisa dicheck dengan mengulang lagi langkah ke 3, maka tampilan modul yang sebelumnya ada "install" berubah menjadi "installed". seperti gambar dibawah ini:



Sekian review saya mengenai cara menginstall modul add-ons pada odoo. maaf jika ada salah kata dalam penulisan.

Terima Kasih,

Salam Sangar,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03B

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk menggunakan modul add-ons yang sudah di install pada odoo 8.0

Cara peggunaannya adalah seperti berikut:

1 Buka odoo dan log in sesuai dengan database yang ingin dilengkapi terlebih dahulu.



2 Masuk ke menu yang sudah kita install, cari lokasinya.



3 disana ada pilihan untuk create atau import, jika anda ingin membuat data baru maka anda bisa memilih create atau import untuk memasukan data yang sudah ada. untuk saat ini saya akan membuat baru


4 Isi semua field yang ada dan jika sudah klik pada tombol save.




Sekian review dari saya,
jika terdapat salah dalam kata maupun penulisan saya mohon maaf,

Salam Sangar,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS03C

Salam ERP Lovers,

Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai kegunaan masing masing modul add ons yang telah saya install.

modul yang saya install adalah modul restaurant dan deliver restaurant, kegunaan dari masing masing modul tersebut adalah:
1. Modul Restaurant
Modul ini menambahkan beberapa fungsi restaurant ke dalam menu point of sales.
-Bill Printing : memungkinkan anda menerima tanda terima sebelum order dibayar
-Bill Splitting : memungkinkan anda membagi order ke order yang lain, disini berarti memindahkan orderan ke dalam order lainnya.
-Kitchen Order Printing : memungkinkan anda untuk mencetak order terbaru ke dapur atau bar printer

2. Modul Restaurant delivery
Modul ini ditambahkan pada titik penjualan, yang nantinya dapat digunakan menjadi restaurant atau pengiriman.

Sekian Review dari saya,

Terima Kasih

Martinus Adhi Nugroho,
4415217059

#UPERP8UAS03D

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan sebelum dan sesudah di install modul add on, modul yang saya install adalah modul restaurant, dan ini menimbulkan perbedaan pada menu point of sales, penambahan menu ini ada pada saat bertransaksi di menu point of sales, jika digambarkan seperti berikut:

Berrikut ini adalah tampilan sebelum di installnya modul add on:


 Berikut ini adalah tampilan sesudah di installnya modul add on:


dari perbedaan diatas maka dapat dilihat adanya perbedaan yaitu bertambahnya menu bar dan restaurant pada menu point of sales, menu ini bisa juga digunakan untuk fasilitas printer dll.

Terima Kasih,

Martinus Adhi Nugroho
4415217059

#UPERP8UAS04

Salam ERP Lovers

Bertemu lagi dengan saya yang tidak bosan bosannya membagi entri seputar ERP tentunya, kali ini penulis mendapatkan tugas untuk UAS yaitu membahas mengenai transaksi seputar ERP didalam dunia nyata.

Untuk saat ini penulis mengambil salah satu contoh berupa sebuah bon seperti berikut:


Pada struk diata bisa diandaikan dengan invoicing yang diberikan pihak restorant kepada customer yang telah memesan makanan yang tentunya sudah menyantap makanan tersebut. Invoicing ini adalah menu yang ada pada accounting, kemudian jika diandaikan order yang ada pada struk tersebut bisa digambarkan dengan pesanan customer sesuai dengan produk yang mereka inginkan, menu ini kita dapatkan dalam menu sales.

Kemudian untuk field field yang ada pada struk tersebut dibagi menjadi 3 bagian:
1. Bagian KOP atau kepala
Pada bagian kop struk ini berisi mengenai informasi yang diberikan oleh toko berupa nama toko dan alamatnya. informasi yang ada pada kop tersebut adalah
-Nama toko
-Alamat toko
-Nomer Nota/ Invoice
-Tanggal Pembayaran
-Jam Pembayaran
-Nama Kasir yang melayani

2. Bagian isi atau pesanan
Bagian isi biasanya berupa informasi mengenai produk yang kita pesan lengkap beserta kuantitas dan harganya. untuk detail dari isinya adalah sebagai berikut:
-Harga pesanan yang diorder
-Jumlah pesanan yang diorder
-Nama produk yang dipesan
-Total dari seluruh pesanan yang harus dibayar

3. Bagian Penutup
Bagian penutup ini biasanya mengenai ucapan terima kasih yang diucapkan pemilik toko kepada pelanggan, dan tak lupa mengucapkan agar kembali lagi.

Sekian review yang dapat saya berikan.

Terima Kasih

Salam Sangar

Martinus Adhi Nugroho

4415217059

Jumat, 25 November 2016

#UPERP8T08

Salam ERP Lovers,

Bertemu lagi dengan saya,,
Kali ini saya akan membuat presentasi mengenai Modul Khusus dalam PT. Hippo Indo.
berikut adalah screenshoot dari presentasi ppt yang telah saya buat.

Jika berkenan mengenai presentasi tersebut bisa langsung kontak ke email saya di kakaroto.uperp8@gmail.com

Sekian Review dari saya,

Terima Kasih,

Salam Sangar

Selasa, 08 November 2016

#UPERP8T07B

Salam ERP Lovers,

Bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan mereview tentang modul khusus mengenai manufacturing di odoo, bedanya dengan sebelumnya odoo yang sudah sudah hanya berbasis offline, jadi hanya dapat diakses dengan komputer kita, tetpai odoo kali ini bisa di akses oleh semua anggota, jadi semua nggota bisa mengisi atau mengupdate data yang ada, server ini menggunakan bantuan dari digital ocean yang basis droplet nya disewa dengan berbayar.

kali ini saya akan melengkapi modul purchasing, pertama tama masuk ke server odoo dahulu di alamat http://188.166.235.108:8069/web/database/selector, penampakannya seperti gambar dibawah ini

kemudian masukan email dan password, lalu anda akan dibawa pada halaman utama database PT. HIPPO INDONESIA, tampilannya seperti dibawah ini

Karena kita membahas modul khusus, disini modul khusus yang sudah di install salah satunya adalah modul manufacturing, maka kita masuk ke menu maufacturing.

di dalam menu tersebut ada beberapa menu yaitu:
1. Manufacturing
manufacturing sendiri berisi mengenai manufacturing order.

2. Planning
planing berisi menu order planning

3. Product
product berisi menu bill of material dan produk


4. Configuration
Configuration berisi menu resources, bill of material component, dan property groups.

Disini saya akan mencoba  melengkapi data data yang masih belum ada dalam menu manufacturing,
1. mengisi menu manufacturing order, pada menu ini klik create, menu ini digunakan untuk membuat order manufakturing dari permulan, persiapan, sampai selesai, berikut salah satu contoh membuat order manufakturing 

kemudian menunggu untuk materialnya, awaiting raw material seperti gambar dibawah ini

setelah raw material ready maka siap untuk di produksi maka kita dapat masuk pilihan ready for produce seperti pada gambar dibawah ini

kemudian muncul untuk konfirmasi produksi dengan pilihan produce seperti dibawah ini

Setelah semua selesai maka proses pengisian manufakturing order sudah selesai, maka pengisian sudah done



Sekian review dari saya,

Terima Kasih,

Salam Sangar.

#UPERP8T07A

Salam ERP Lovers,

Berikut ini saya akan menjelaskan tentang pembuatan akun pada Digital Ocean yang menggunakan kupon kode sehingga mendapatkan $10 ketika sudah sign up. link untuk mendapat kupon kode didapat dari alamat : http://www.newcoupons.info/digitalocean-coupon-codes/ 

Berikut langkah langkah untuk membuat akun pada digital ocean:

1. masuk ke web digital ocean dengan alamat : www.digitalocean.com

2. karena kita belum mempunyai akun dan akan membuat akun, maka kita klik sign up.

3. Lalu kita diminta untuk memasukan email dan pasword, lalu klik sign up / create account.

4. Setelah itu kita akan diminta memasukan data kartu kredit kita, data ini bersifat wajib isikan data sesuai dengan kartu kredit yang kita miliki ke dalam field field nya.


5. kemudian pada bagian bawah terdapat tombol have a cupon, klik di bagian itu, disana akan meminta memasukan kode kupon.

6. buka tab baru dan buka link kode kupon di bagian atas post ini, kemudian anda akan diminta memasukan alamat email untuk konfirmasi


7. Kemudian isikan email anda untuk konfirmasi, dan masuk ke alamat email tersebut untuk mendapatkan verivikasi email.


8. Setelah mendpat kode kupon masukan kupon tersebut ke dalam kolom kode kupon yang diminta tadi. tunggu sampai ada pemberitahuan sukses seperti berikut



9. Kita bisa mengecek saldo kita apakah kode kupon tersebut sudah masuk dalam menu setting. berikut tampilannya


10.kembali ke menu awal tadi, lalu kita sudah bisa membuat droplet.


10. Tampilan saat kita membuat droplet seperti dibawah ini.

Kita sudah bisa membuat droplet saat ini, untuk membuat droplet kita sesuaikan dengan kebutuhan kita sistem apa yang kita pakai dan kita akan memakai size yang berapa, itu semua tergantung dari pemakaian kita.


Sekian Review dari saya,

Semoga bermanfaat,

Terima Kasih,

Salam Sangar

Kamis, 03 November 2016

#UPERP8T06C

Salam ERP Lovers,

Berikut ini saya akan memberikan review tentang link berkaitan dengan Modul Khusus di odoo versi 8.0 dan spesifik ke Produk Template.

Berikut Link nya:
https://www.odoo.com/apps/modules/8.0/pos_product_template/

Review:
Modul ini adalah modul Point of Sales, product template. modul ini berfungsi untuk mengoperasikan order yang ada,mengetahui produk apa saja yang kita buat, dan produk apa saja yang ready. dalam modul ini juga terdapat menu customer yang bertujuan mengetahui customer list serta cara pembayaran customer juga ada.
Database yang muncul saat Add ons di install adalah mengenai pont of sales, disana terdapat produk yang dijual berupa Komputer office. disana juga terdapat menu customer, yang nantinya bisa saja merujuk ke database accounting, karena saling berhubungan.


Sekian Review dari Saya
Salam Sangar

Terima Kasih

#UPERP8T06B

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai menu View Online Payment Option di odoo 8.0.
untuk mememukan menu ini langkah langkah nya sebagai berikut:

1. Log in terlebih dahulu ke database yang anda inginkan.

2. Kemudian masuk ke menu Setting>>Users>>Users

3.Kemudian Masuk pilih ke users administrator, lalu pilih edit, dan cari menu View Online Payment Option.

4. Kemudian Save.

View Online Payment Option adalah menu dimana semua member dari database tersebut bisa melihat metode pembayaran online yang berada pada Sale order dan Customer Invoice. pilihan ini digunakan customer yang ingin mengakses dokumen mereka menggunakan portal.

berikut perbedaan sesudah dan sebelum diaktifkannya View Online Payment Method

Sebelum:



Sesudah:




Sekian Review dari saya,

Terima Kasih,

Salam Sangar



#UPERP8T06A

Salam ERP Lovers,

Bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan mereview mengenai link suatu alamat website yang berkaitan dengan digital ocean.

Sumber Link yang saya ambil dari :
http://kumpulancatatan.com/cara-menyewa-cloud-server-di-digitalocean/

Review dari saya:
Blog tersebut berisi tentang cara menyewa cloud dari digital ocean adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke web digital ocean (www.digitalocean.com).

2. Masukan alamat email dan password yang diinginkan.

3. Pilh konfigurasi server sesuai dengan kebutuhan anda, semakin besar kapasitas maka harga juga akan semakin mahal, jika sudah klik sign up.
4. Digital ocean akan mengirimkan anda email berisi konfirmasi.

5. Konfirmasi email tersebut, lalu anda akan di bawa ke link pembayaran, disini anda akan membutughkan kartu kredit untuk metode pembayaran, atau anda bisa menggunakan vpn cloud agar terhindar dari kartu kredit, namun ini sifat sementara atau tidak permanen.

6. Setelah pembayaran anda langsung bisa membuat "droplet" untuk akun digital ocean.

dan untuk cara pembuatan droplet adalah sebagai berikut:

1. Di Control Panel DigitalOcean klik “Create Droplet” (bagian kanan atas)
2. Ketikan nama server anda di kotak “Host Name”.
3. Lakukan pemilihan konfigurasi Server sesuai dengan kebutuhan hosting anda.
Harga yang termurah dengan spesifikasi terendah adalah US$5 (RAM 512MB, 1 CPU dan 20GB SSD) sedangkan yang termahal adalah US$640 dengan spesifikasi tinggi (RAM 64GB, 20 CPU dan 640GB SSD). Tersedia 9 pilihan utama. Selanjutnya anda dapat menaikan dan menurunkan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan anda dan tentunya dengan harga yang bervariasi juga.
4. Pilih Lokasi Server pada kotak “Select Region”, jika sasaran website/blog kita adalah Indonesia, maka sebaiknya kita pilih lokasi server di Singapura.
5. Pilih OS yang diinginkan, Tutorial ini akan menggunakan OS Ubuntu 14.04 x64.


sekian Review dari saya,
Terima Kasih

Salam Sangar

Rabu, 26 Oktober 2016

#UPERP8UTS04

Salam ERP Lovers,,

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai modul add ons, lebih spesifik ke POS-Product Template.
fungsi fungsi dan bagaimana mengisi modul nya akan saya jelaskan dengan rinci, akan tetapi kali ini saya tidak akan menjelaskan di blog, saya akan mencoba menjelaskan dengan metode baru, kali ini dengan e book gratisan, yaitu dengan e book,


Alamat link untuk e book saya yang membahas tentang modul add ons POS- Product Template bisa anda jumpai di alamat : https://martinusadhi.gitbooks.io/modul-point-of-sales-product-template/content/

Agar tidak penasaran dengan ebook tersebut akan saya lampirkan sedikit screenshoot nya:

Sekian Postingan dari saya,

Semoga berguna,

Terima Kasih

#UPERP8UTS03

Salam ERP lovers,,

Kali ini saya akan mengeshare permasalahan yang saya alami, yaitu mengenai cara un install odoo versi 8.0 yang benar agar file file odoo benar benar bersih dari pc. karena jika ternyata file tersebut tidak bersih baik file odoo maupun file postgreSQL akan berdampak gagalnya install odoo versi 8.0 jika dilakukan lagi, maka dari itu saya rasa pertanyaan ini perlu saya ajukan ke komunitas odoo indonesia (KOIN).

Berikut screenshoot cara memposting pertanyaan di KOIN.
1. masuk ke web KOIN, www.odoo.or.id



2. kemudian masuk ke menu forum 


3. setelah masuk ke forum masuk ke technical, lalu ask question, kemudian tulis apa yang akan ditanyakan atau dikeluhkan.




4 setelah itu cek lagi apakah pertanyaan sudah masuk atau belum.



Jika pertanyaan sudah masuk, maka sudah dipastikan pertanyaan terpost dengan baik.
Semoga pertanyaan saya segera mendapat jawaban.

Sekian review dari saya..

Terima Kasih