Rabu, 26 Oktober 2016

#UPERP8UTS05

Salam ERP Lovers,

Kali ini saya akan membahas mengenai menginstall modul add ons dari file  zip, dibawah akan dijelaskan lebih lanjut, ada 5 sub bab yang akan saya bahas pada postingan ini: 
A. Cara Install Modul Add Ons.
Cara menginstall modul add ons :
1. Download Source File yanf nantinya file download an akan berupa file *.zip

2. Extract file tersebut dan letakan pada directori 
C:\Program Files (x86)\Odoo 8.0-20160920\server\openerp\addons

3. Kemudian Masuk ke odoo. log in degan database yang di inginkan.


4. Masuk ke menu setting.

5. setelah itu cari di kolom search apakah modul tadi sudah ada disana, jika tidak ada, masuk ke menu local module update. kemudian klik update.

6. setelah itu masuk kembali ke local modul dan cari modul terebut ada atau tidak.

7. klik pada modul tersebut, dan install.

8. sukses sampai sini proses instalasi modul telah selesai.


B. Panduan Cara Menggunakan Modul Add Ons tersebut
Cara menggunakan Modul Point of Sales-Product dengan mengisikan field field yang masih kosong, disana juga terdapat seperti keranjang belanja, jadi kita ingin membeli apa tinggal klik saja, nanti sudah ada sumary tentang total belanjaan kita dan cara bayar kita mau cash atau kredit, disana juga terdapat pembuatan invoice. jadi hal hal yang berbau jual beli produk dapat teratasi secara otomatis, secara kata lain modul ini adalah self service, jadi customer memilih produk sendiri ala berbelanja di online shop, kemudian memilih pembayaran model apa yang digunakan, secara otomtis summary akan keluar. di modul ini juga terdapat beberapa produk kita.  
C. Kegunaan masing masing Modul Add Ons
Modul ini adalah modul Point of Sales, product template. modul ini berfungsi untuk mengoperasikan order yang ada,mengetahui produk apa saja yang kita buat, dan produk apa saja yang ready. dalam modul ini juga terdapat menu customer yang bertujuan mengetahui customer list serta cara pembayaran customer juga ada.

D. Perbedaan sebelum dan sesudah Modul Add Ons di install
Perbedaan ketika sesudah dan sebelum menginstall modul add ons adalah tambahan menu point of sales pada halaman awal dari database kita. Berikut penampakannya:

Sebelum Install


Sesudah Install:


E. Database yang muncul saat modul Add Ons di install
Database yang muncul saat Add ons di install adalah mengenai pont of sales, disana terdapat produk yang dijual berupa Komputer office. disana juga terdapat menu customer, yang nantinya bisa saja merujuk ke database accounting, karena saling berhubungan.


Sekian Postingan dari saya, semoga bermanfaat

Terima Kasih,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar